Home » Review » film Muatan Iklan tapi tetap menarik?,ini alasannya

film Muatan Iklan tapi tetap menarik?,ini alasannya

Image

Menyaksikan film Mission Imposible IV РGhost Protocol,sebagai mana film-film fiksi yg bertema mata-mata lainya tentu tidak mengherankan bila banyak menemukan adegan yang melibatkan peralatan canggih yang tidak umum dipasaran baik dari bentuk,fungsi hingga ukurannya yang menakjubkan.serba kecil canggih dan kemapuan tersembunyi dibaliknya.bahkan beberapa alat tersebut yang dulunya hanya bisa di bayangkan sekarang telah beredar di pasaran seperti halnya pemandu GPS,pembuka kunci dengan wajah seperti telepon genggam yg dikeluarkan oleh google dengan sistem operasi Ice cream sandwich atau pembuka kunci dengan pengenalan retina yang sekarang dikembangkan oleh IOS  atau juga yang masih dalam bentuk riset seperti alat transportasi bermesin jet (JetPack)yang menempel di punggung layaknya tas punggung seperti yang digunakan oleh james bond (thunderball 1965). .Image

Bukan rahasia kalau banyak ide yang muncul terinspirasi dari beberapa film seperti halnya teknologi layar sentuh yang dulu hanya bisa kita saksikan dalam film StarTrek.selain itu media juga memengaruhi gaya hidup dan dianggap mewakili jamannya,baik karena pengaruh popularita aktor atau artisnya atau kesan yang sengaja atau tidak telah ditampilkan sepetti baju flanel,sepatu DocMart,gaya rambut hingga yang lebih prinsip yaitu gaya hidup.

Tampaknya kesempatan ini tidak disiasiakan oleh para produsen.dari produsen industri hiburan,pakaian,elektronik,perkakas rumah tangga hingga makanan.dari menggunakan cara paling kasar hingga yang paling halus,yang kasar tentu saja mengganggu estetika filmnya namun yang halus dan sadar media tentu lebih “sopan” memasukan sponsor dalam filmnya bagi yang dulu sering menyaksikan film Warkop DKI tentu tak asing melihat kedai/restoran dalam film ini yang hanya memajang satu produk minuman ringan!.atau film-film era 80-90an ketika menambilkan gambar dalam sudut pandang burung(birds eye view) seringkali menampilkan (walau hanya sekilas) produk minuman ringan dengan rasa Cola.namun tidak semua hal komersil dalam film ini mengganggu estetika atau kenyamanan pemirsanya,ambil contoh adalah film lupus dengan permen karetnya atau keanu reeves dengan Nokia pisang di film matrix.

Image

Salah satu film dengan muatan komersial yg tinggi namun tidak terlalu mengganggu adalah film Mission Imposible IV -Ghost Protocol.bisa jadi karena penggarapanya yang baik dan aktor pendukungnya atau karena mereka tidak menampilkan loggo dari produk itu sendiri,bisa jadi alasan tidak menampilkan Loggo tersebut karena sengaja ingin menampilkan kesan dari produk tersebut bukan barangnya.seperti halnya VW touareg yang di gunakan saat adegan kejar-kejaran,tabrak-tabrakan di film Trilogi Bourne hanya dari adegan tersebut kesan bahwa VW Touareg adalah kendaraan yang kuat,mobilitas tinggi dan aman baik sengaja atau tidak akan ditangkap pemirsanya.begitu juga dengan film ini,dari awal adegan kita akan melihat Iphone,lalu Ipad dan tentu saja MacBook Air..juga BMW.tak perlu menampilkan logo atau merk,justru pasar yang dituju hanya dengan melihat bentuknya tidak akan sulit untuk mengenalinya.

Image

Berbeda dengan film-film bertema mata-mata lainnya film ini justru tampak lebih manusiawi dan menegangkan karena alat-alat canggih yang di gunakan mempunyai kelemahan dan kemungkinan kegagalan karena pengaruh tempat,cuaca dan lain-lain.ya,di film ini hampir semua peralatan spinase canggih gagal berfungsi seperti yang di harapkan.tapi tidak dengan produk-produk apple!.semua berjalan canggih dan baik bahkan seperti menjadi peralatan wajib bagi agen mata-mata.dan menariknya ada satu adegan dimana pemeran utamanya menggunakan telepon genggam merk lain yg digunakan sebagai pelacak posisi,telepon genggam ini adalah Google Nexus!..saingan berat Iphone dan bisa ditebak pelacak posisi yang didukung sistem operasi android Ice Cream Sandwich ini mengalami kegagalan fungsi.tampaknya kita tidak hanya diduguhi jalan cerita fiksi namun juga kita sedang menyaksikan pertarungan dua perusahaan raksasa Amerika.namun secara keseluruhan film cukup layak tonton dan caranya memasukan iklan yang terkesan “apple banget” justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemerhati dan pecinta gawai (Gadget Freaks)

.Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: